thanks for visiting my site

Kamis, November 13, 2008

Ganti Lampu, Bundaran Air Mancur Lebih Indah

• Berkilau empat warna

• Hemat daya hingga 4000 watt

Kawasan Bundaran Air Mancur (BAM) depan Masjid Agung Palembang dipastikan akan bertambah indah dan menarik. Ini setelah PT Philips Indonesia memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Palembang berupa 16 lampu sorot berteknologi Light Emited Diode (LED) yang lebih hemat energi, berwarna dan tahan lama.

Selain itu, PT Philips Indonesia juga menyerahkan 1.000 unit lampu 14 watt untuk di bagikan pemerintah kota kepada warga sekitar. Lampu ini terangnya setara dengan 75 wat lampu biasa. Bantuan itu diserahkan langsung CEO and VP Philips ASEAN, Paul Peeters, di dampingi Rob Flecther, CEO Philips Indonesia, kepada Walikota Palembang, Ir H Eddy Santana Putra MT, di Gedung Pemkot Palembang, Selasa (19/8).

“Selama ini, lampu Air Mancur hanya itu saja. Dengan lampu baru ini, bisa berubah-rubah warna. Kita pelajari dulu, apakah dapat digunakan dan mengganti lampu yang ada. Mungkin bisa digunakan disebelah kiri jembatan Ampera yang mengarah ke pasar 16 Ilir,” kata Eddy Santana, usai penyerahan sekaligus penandatangan kesepakatan bersama.

Eddy mengucapkan terima kasih kepada PT Philips yang terus berkomitmen dengan pemerintah kota. Eddy bahkan menawarkan kepada Paul Peeters untuk menanamkan investasinya di Palembang dan pihaknya berjanji akan memberikan kemudahan perizinan.

“Kita berharap PT Philips juga mau menamkan investasi di Palembang, kita juga komitmen untuk menggunakan lampu-lampu dari Philips,” ujar Eddy.

CEO and VP Philips ASEAN, Paul Peeters mengatakan bantuan yang diberikan merupakan komitmen dari pihaknya untuk menyukses program-program Pemerintah Kota Palembang seperti program Visit Musi 2008.

Pada sisi lain, Kristovo Rus, Project Dealer Philips Palembang, mengatakan, sistem LED mengunakan beberapa warna dasar, seperti merah, hijau dan biru. Warna tersebut akan di kombinasikan dengan sistem komputerisasi sehingga dapat menampilkan ribuan warna yang menarik.

Meski begitu, menurut Direktur PT Philips Indonesia Rob Flecther, lampu di luar ruangan system LED ini ternyata tidak diperjualbelikan secara bebas.

“Harganya pun tergantung dari warna-warna yang ditampilkan. Makin banyak warna, makin mahal harganya,” katanya.

Lebih hemat

Dengan empat warna dasar yang dapat digabung menjadi ribuan warna, BAM akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung maupun warga yang melintas. Menariknya, kehadiran lampu hemat energi ini juga membuat pemerintah dapat berhemat.

“Selama ini ada 16 lampu sorot di BAM. Daya yang digunakan mencapai 400 wat/lampu juga merek Philips. Sekarang sudah diganti dengan 16 lampu LED, dayanya hanya 70 watt/lampu. Total penghematan mencapai 4.000 watt tiap penggunaan,” terang Kepala Dinas Penerangan Jalan, Sarana Utilitas dan Pertamanan Kota Palembang, Ir H Taufik Sya’roni.

Dengan penghematan sebanyak 4.000 wat, Taufik mengharapkan jumlah tagihan lampu jalan, dapat berkurang

“Ada 16.000 unit lampu di jalanan kota. Jumlah tagihan mencapai Rp1,9 M. Mudah-mudahan, tagihan ke PLN dapat dikurangi,” katanya. (yat)


Tidak ada komentar: