thanks for visiting my site

Kamis, November 13, 2008

2010, Sumsel Akan Bangun Lapas Wanita

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan 2010 mendatang rencananya akan membangun lembaga permasyarakatan (Lapas) Kelas II A khusus wanita. Lapas ini diperkirakan dapat menampung sekitar 1.500 orang dan nantinya akan berlokasi di Rumah Tahanan (Rutan) di Jalan Merdeka saat ini.

“Sementara penghuni Rutan Merdeka akan dialihkan ke LP Kelas I Pakjo Palembang. Dan penghuni LP Pakjo akan dipindahkan ke LP Merahmata, Kabupaten Banyuasin,” terang Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumsel Chairudin Indris, Selasa (12/8).

Pengalihan fungsi Rutan Merdeka, menurut Chairudin, karena Sumsel sama sekali belum memiliki LP khusus wanita. Selama ini para narapidana (napi) wanita di gabung dengan penghuni lapas lain di 16 rutan dan lapas yang tersebar di Sumsel.

”Padahal, dari 16 lapas dan rutan sebagian di antaranya mengalami over capacity,” ujar Chairudin.

Untuk mengantisipasinya, kata Chairudin, pihaknya kini tengah membangun Lapas Kelas I di Merahmata, Kabupaten Banyuasin. Pembangunan LP Merahmata ini sudah dimulai sejak 2005 dengan dana yang bersumber dari APBN sebesar Rp 20 miliar.

”Kini pengerjaan pembangunan LP sudah mencapai 70 persen. Selain itu, dilakukan pula perehabilitasian di sejumlah rutan dan LP. Yaitu LP Kelas II A Lubuklinggau, LP Kelas II B Muaraenim, LP Kelas II B Sekayu, dan Cabang Rutan Martapura,” jelasnya.

Kelebihan Daya Tampung

Sementara itu, berdasarkan laporan dari departemen Hukum dan HAM Sumsel pada akhir Juli 2008, jumlah napi di 16 lapas dan rutan di Sumsel ternyata mengalami over kapasitas. Jumlah napi mencapai 6.233 orang, sedangkan daya tampung hanya 4.089 orang.

”Bahkan, beberapa napi terpaksa dipindahkan ke LP lain di wilayah hukum yang berbeda,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Departemen Hukum dan HAM Sumsel Abdul Malik.

Disisi lain, Anggota DPRD Sumsel dari Fraksi PDI-Perjuangan Fahlevi Maizano merespon positif upaya Kanwil Departemen Hukum dan HAM yang telah membangun LP Kelas 1 di Banyuasin. (yat)

foto : google

Tidak ada komentar: