thanks for visiting my site

Kamis, November 13, 2008

Bagian Tengah Jembatan Ampera akan Difungsikan

Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera) merupakan jembatan kebanggaan masyarakat Sumsel.

Jembatan terpanjang di Pulau Sumatera dan mulai dibangun pada 1962 di masa Presiden RI Pertama Ir. Soekarno ini dikenal unik dan memiliki banyak keistimewaan.

Bagian tengah jembatan ini dulunya dapat diangkat ketika sebuah kapal besar melintas. Terdapat juga sebuah lift untuk menaiki menara dan menikmati pemandangan indah di sekitarnya. Sayang, jembatan yang pengerjaannya selesai pada 1965 di masa penjajahan Jepang ini, karena faktor usia sekarang tidak berfungsi lagi.

Karena itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) berkeinginan memfungsikan kembali sistem hidraulik pengangkatan bagian tengah dan lift menara jembatan Ampera. Bila sistem pengangkatan difungsikan banyak manfaat yang akan diperoleh.

“Misalnya pada momen tertentu, kita angkat bagian tengah jembatan dan dimeriahkan dengan acara tertentu. Tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Palembang,” ujar Asisten Pemerintahan Setda Prov Sumsel H Abdul Shobur.

Pun apabila lift difungsikan, kata Shobur, maka kian menarik minat bagi para pengungjung maupun wisatawan yang ingin menikmati Ampera dari atas menara.

“Tetapi semua itu masih membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang lama, tetapi layak dipikirkan,” ujarnya.

Secara teknis, dalam estimasi Kepala Satuan Kerja Nonvertikal Tertentu Jalan dan Jembatan Kota Palembang Aidil fiqri, setidaknya dibutuhkan dana sebesar Rp 200 hingga 300 miliar guna merenovasi serta memfungsikan kembali Jembatan Ampera seperti sediakala.

“Untuk mewujudkan itu semua, diperlukan sumber pendanaan yang sangat besar yang hampir menyamai biaya pembangunan jembatan baru,” tegas Aidil.

Sementara itu, menurut Kepala Bappeda Palembang Lukman Hakim, wacana renovasi Jembatan Ampera meski menelan dana yang sangat besar sangat dimungkinkan.

“Asalkan didukung dengan penyiapan infrastruktur pendukung, seperti jembatan pendamping yang lain, seperti Jembatan Musi III,” kata Lukman. (yat)

caption :
bagian tengah Jembatan Ampera yang dulunya bisa diangkat. Karena faktor usia, bagian tengahnya tidak berfungsi lagi.
foto by : net

1 komentar:

cvtugu mengatakan...

Jembatan Yang sangat panjang dan indah Jembatan Amperbanyak pengunjungnya